Thursday 26 January 2012

Menggunakan Internet Sebagai Sarana Yang Bermanfaat

Seiring perkembangan zaman, internet sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia. Semua kegiatan yang dilakukan hampir berhubungan dengan internet. Oleh karena itu internet boleh dikatakan memiliki dampak yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Entah itu dampak positif atau negatif.
Untuk itu banyak hal yang dapat kita lakukan melalui internet. Apalagi semakin banyak pula pengguna internet di seluruh dunia khususnya Indonesia. Ada baiknya kita dapat menggunakan sarana internet untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Tidak menutup kemungkinan internet justru dapat dijadikan salah satu sarana untuk mendukung pekerjaan kita sehari-hari. Bahkan sudah banyak orang yang malahan menggunakan internet sebagai sumber penghasilan utamanya. Sebagai contoh yang paling umum dan sederhana yaitu Usaha Warnet. Usaha ini benar-benar menggunakan sarana internet sebagai jasa komersialnya.
Di sisi lain sebagai pengguna internet diharapkan agar perlu waspada akan bahaya dari  kejahatan online. Kejahatan inilah sebenarnya yang paling mengerikan karena dapat menjangkau siapapun tanpa perlu berhadapan langsung. Situs jaringan sosial merupakan salah satu situs internet yang paling rentan terhadap serangan penjahat di dunia maya karena penggunanya memiliki tingkat kepercayaan tinggi antar para pengguna terutama bagi mereka yang kurang memahami tentang internet. Untuk itu disarankan kepada para netter agar meneliti setiap pengguna sedetail mungkin apalagi jika kita suka menggunakan situs jejaring sosial sebagai sarana untuk membeli/menjual barang dan jasa.
Bukan berarti dengan maraknya kejahatan online maka semakin menurunnya pengguna internet. Justru sebaliknya pengguna internet semakin meningkat aja dari tahun ke tahun walau sudah banyak berita mengenai korban kejahatan online. Kemudahan di dalam berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet merupakan faktor penyebab meningkatnya pengguna internet. Kabar baiknya saat ini para netter sudah semakin cerdas dalam mengenali setiap tindakan kejahatan online. Yang lebih dahsyat lagi internet sudah menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai penghasilan utama.
Berikut saya akan menguraikan beberapa tindakan untuk menjadikan internet sebagai sarana yang bermanfaat, yaitu :
  1. Menggunakan internet sebagai sarana promosi yang cukup efektif karena dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.
  2. Menggunakan internet sebagai sarana untuk mendapatkan berita terkini.
  3. Menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari sumber/info penting tentang massalah yang sedang dihadapi.
  4. Menggunakan internet sebagai sarana untuk berkomunikasi kepada teman/keluarga jauh, baik melalui Email atau Jejaring Sosial seperti : Facebook, Twitter, dan Yahoo Mail.
  5. Menggunakan internet sebagai sarana untuk berinteraksi secara langsung kepada teman/keluarga, seperti : Yahoo Messenger, atau Facebook Video Chat.
  6. Menggunakan internet sebagai sarana hiburan, seperti Game Online, Music Download, dan lainnya.
Jika internet dapat digunakan untuk hal-hal tersebut di atas maka Anda sudah menggunakan internet sebagai sarana yang bermanfaat bagi kehidupan atau pekerjaan Anda.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys